MANFAAT SRIKAYA UNTUK KESEHATAN

Nama buah srikaya pasti sudah melekat di telinga kita. Buah ini juga sering disebut dengan nama Buah Mona. Srikaya tergolong dalam jenis buah yang tumbuh di daerah tropis, maka tak heran jika buah ini banyak dan mudah ditemukan di Indonesia yang beriklim tropis. Bentuk buah ini cenderung bulat dengan daging buah yang berwarna putih. Bijinya berwarna hitam dengan rasa daging buah yang cukup manis.
Buah srikaya mengandung banyak nutrisi, yaitu asam amino, tanin, niasin, magnesium, potassium, mucilago, dan juga gula alami. Kandungan gizi buah ini juga terdiri dari karbohidrat, protein, Vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin B1, fosofr, dan juga lemak. Dengan semua kandungan tersebut, maka sudah jelas jika buah srikaya memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Mari kita urai satu-persatu khasiat srikaya dan juga manfaatnya, terutama untuk kesehatan.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat srikaya, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menurunkan kolesterol
Manfaat srikaya untuk menurunkan kolesterol terletak pada kandungan niasin. Senyawa ini sangat baik bagi Anda yang ingin mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga bisa menghindari beberapa penyakit yang timbul akibat kolesterol.

2. Bagus untuk pencernaan
Khasiat srikaya yang kedua adalah manfaatnya yang bagus untuk pencernaan. Kandungan serat pada buah ini bisa melancarkan pencernaan, terutama bagi Anda yang menderita penyakit konstipasi. Selain itu, organ pencernaan Anda juga akan lebih bisa bekerja dengan baik.

3. Mencegah diabetes
Manfaat srikaya untuk penderita diabetes tentunya bisa menahan dan mengontrol kadar gula yang ada di dalam tubuh. Zat gula alami yang ada pada buah ini juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Obat diare
Vitamin dan mineral yang ada pada buah srikaya bisa menjadi obat untuk diare. Penyakit diare muncul karena adanya bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi mampu mengusir bakteri tersebut.

5. Mencegah asma
Bagi Anda penderita asma, cobalah untuk mengonsumsi buah srikaya. Khasiat srikaya untuk penderita asma yaitu menyehatkan organ pernapasan. Dengan mengonsumsi buah ini setiap hari, tentunya Anda akan jauh lebih sehat.

6. Mengobati hipertensi
Khasiat srikaya yang mengandung potassium sangat bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, sehingga lebih terkontrol dan juga stabil.

7. Mencegah penyakit stroke dan jantung
Vitamin B yang terkandung dalam buah srikaya bisa mencegah Anda dari penyakit kronis dan berbahaya seperti stroke dan juga jantung. Cegah penyakit tersebut menyerang Anda dan keluarga Anda sejak dini dengan memakan buah srikaya dengan rutin.

8. Menyehatkan gigi dan tulang
Magnesium adalah mineral yang bisa menyehatkan dan menguatkan gigi serta tulang. Inilah khasiat srikaya yang dijadikan andalan untuk memberikan manfaat bagi tulang dan juga gigi Anda. Buah ini bisa Anda berikan pada anak-anak yang sedang dalam mas pertumbuhan gigi.

9. Anti oksidan
Anti oksidan adalah manfaat srikaya yang mampu mencegah tubuh Anda terjangkit dari efek negative radikal bebas. Efek yang berbahaya tersebut bisa merusak sel tubuh Anda. Buah ini mengandung cukup banyak vitamin C yang bisa menjadi anti oksidan.

10. Obat anemia
Penderita anemia membutuhkan banyak zat besi agar sel darah merah di dalamnya tubuhnya mudah terbentuk. Buah srikaya bisa menjadi solusi untuk hal tersebut karena buah ini mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi lebih banyak sel darah merah.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah srikaya untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya Lainnya:
  1. Menyehatkan kulit
  2. Mengobati bisul
  3. Mengatasi cacingan pada anak
  4. Mengatasi disentri
  5. Mengobati demam dan batuk
Itulah 15 manfaat dan khasiat buah srikaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan.
This Article :
Sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »